Desa Banjarsari Wetan Kecamata Dagangan Provinsi Jawa Timur Indonesia slbnbanjarsariwetan@gmail.com (0351) 493719/ 081330651175

PELAKSANAAN BANPER UNTUK PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Pendidikan keterampilan vokasional bagi anak berkebutuhan khusus dapat dimaknai sebagai
pemberian bekal keterampilan (skill) yang diberikan di kelas, ditempat khusus atau di sekolah-sekolah oleh guru sebagai pendidik atau praktisi yang dihadirkan untuk membimbing atau melatih mereka sesuai dengan hambatan yang dialaminya. Proses membelajarkan keterampilan kepada anak berkebutuhan khusus di sekolah yang dilakukan oleh guru sering kita sebut pelatihan/pembimbingan dalam kegiatan belajar mengajar.

Seorang guru atau pengajar dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghidupkan suasana pembelajaran di dalam kelas. Biasanya, peserta didik hanya diajarkan hafalan teori-teori, konsep-konsep, fakta, rumus-rumus saja dengan metode ceramah sehingga membuat peserta didik tidak mendapatkan apa-apa. Memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dengan mengkaitkan apa yang dipelajari dengan konteks yang nyata akan lebih bermakna bagi peserta didik. Usaha peningkatan kemampuan guru atau pengajar khususnya keterampilan vokasional sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja guru bagi anak berkebutuhan khusus.

  • Pelatihan Membatik
Hasil karya selama pelatihan batik

Dengan belajar membatik, siswa dapat mengetahui nilai-nilai budaya yang diwariskan kepada mereka sebagai generasi bangsa. Kita juga jadi lebih mengenal budaya Indonesia. Dengan kegiatan membatik, diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air.

Proses mencanting

Dengan mengikuti kegiatan membatik, diharapkan siswa menjadi lebih kreatif sehingga akan meningkatkan kualitas dan taraf hidup kedepannya. Apalagi ketika karya yang kreatif dapat memberikan manfaat sosial, ada kepuasan batin yang tidak dapat terjelaskan. Selain itu, kita juga bisa menciptakan peluang sendiri dan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang unik. Seorang wirausahawan yang sukses tentu memerlukan kreativitas yang tinggi.

Proses pewarnaan pada kain batik

Membatik dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih bertanggung jawab, disiplin, dan teliti. Proses pembuatan batik yang cukup panjang akan melatih ketekunan dan kesabaran mereka, ini dapat meredam emosi anak yang hiperaktif. Motorik si kecil juga akan terlatih dalam aktifitas memegang alat canting dan mewarnai.

fokus terhadap gambar pola yang sedang dikerjakannya

Selain itu, rasa percaya diri mereka akan bertambah dengan yakin dan fokus terhadap gambar pola yang sedang dikerjakannya. Biasanya anak-anak tidak akan takut salah untuk mewarnai batik, mereka tidak terlalu khawatir keluar garis atau semacamnya. Hasil batik mereka pasti memiliki keunikan tersendiri.

Proses merebus kain dengan air panas

Dengan menanamkan kebiasaan untuk menghargai sebuah proses, peserta didik tidak akan berorientasi pada hasil. Mereka akan memiliki semangat untuk bekerja keras. Selain itu, mereka juga akan terlatih untuk menghargai orang lain dan mengapresiasinya.

  • Pelatihan Tata Boga
Foto bersama mentor tata boga

Tata Boga adalah bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata. Kompetensi Keahlian Jasa Boga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik di bidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dan minuman.

Kompetensi keahlian jasa boga menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan atau instansi pariwisata, hotel, restoran, catering serta rumah sakit, serta menyiapkan peserta didik untuk menjadi entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan dan minuman.

Praktek membuat kue sobek

Keterampilan tata boga merupakan salah satu keterampilan yang umum di ajarkan di SLB atau sekolah luar biasa. Keterampilan ini bersifat peminatan yang biasanya dipilih oleh siswa putri.

Mengolah bahan-bahan yang telah disiapkan

Adapun untuk materi keterampilan tata boga untuk siswa SLB dari yang paling sederhana seperti membuat minuman untuk tamu, memasak nasi, menggoreng telur, hingga membuat berbagai produk seperti sari jahe, kripik pisang, kripik kentang, maupun produk lainnya disesuaikan dengan kemampuan dan potensi peserta didik.

Mengolah makanan sesuai dengan prosedur yang diajarkan oleh mentor
  • Pelatihan TIK
Foto peserta pelatihan TIK dengan Mentor disela-sela kegiatan pelatihan

Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang juga  disebut TIK adalah pembelajaran di sekolah yang sudah sangat umum. Di pelajaran ini kita dapat belajar tentang perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software dan hardware, dan masih banyak lagi.

Belajar membuat desain brosure

Pembelajaran TIK sangatlah penting, maka dari itu pelajaran TIK sudah diajarkan sejak usia dini. Selain itu, TIK juga memiliki banyak manfaat. TIK memudahkan peserta didik untuk mempelajari dan mengenal perangkat computer lebih dalam. TIK juga memberi tahu peserta didik untuk menggunakan internet dengan baik dan benar dan dengan tujuan positif. Dengan adanya pelajaran TIK, peserta didik dapat dengan mudah menggunakan computer untuk mengerjakan tugas presentasi dan lain lain. Mengembangkan kemampuan kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi agar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan dan aktivitas sehari hari.

Mempelajari cara mengedit video

Internet mendorong siswa untuk menggali informasi dan contoh praktis. Internet mempromosikan suatu alternatif jenis belajar dengan melakukan di manapara siswa diminta untuk melakukan proyek yang berhubungan dengan situasi hidup nyata. Teknologi menyampaikan informasi dengan penekanan pada penciptaan dan explorasi aktif terhadap pengetahuan dibandingkan transfer informasi searah, yang memungkinkan siswa tersebut untuk menggunakan secara penuh kemampuan kognitif mereka sendiri. Pelajaran TIK menjadi bekal siswa dalam menempuh masa depan dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Mendapatkan ilmu baru di bidang TIK

Leave a Reply

Your email address will not be published.